Minggu, 19 Mei 2013

Membuat USBasp ATMEGA 8 (Downloader uC)

Assalamu'alaikum......
Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang cara pembuatan USBasp.USBasp bisa dikatakan adalah downloader atau alat untuk dapat mendownload program kedalam uC (mikroControlel).
Kebanyakan downloader yang banyak kita temui berupa USB Printer.Jadi mau tidak mau kita harus membeli kabel penghubung dari USBasp kita ke Laptop/Komputer,dengan artian ada penambahan biaya.


Untuk ini kita akan membuat USBasp dengan port usb langsung,seperti layaknya sebuah Flashdisk,jadi cukup simple kalau menurut saya.biaya untuk pembelian kabel data printer bisa digunakan untuk keperluan lain-lain.jadi dalam tutorial ini kami memakai port USB Male,untuk conector langsung ke Laptop/komputer.keuntungannya bisa lebih hemat ruang,hemat biaya,dll.
Untuk daftar komponen bisa dilihat yag berikut.
  1. 1 bh uC ATMEGA8A-PU
  2. 1 bh Socket ATMEGA8A-PU
  3. 1 bh USB Male connector 
  4. 1 bh Cristal 12.000
  5. 1 bh LED bening kecil Warna Merah
  6. 1 bh LED bening kecil Warna Biru
  7. 1 bh Kapasitor (Elco) 4,7uF 16 V
  8. 2 bh Kapasitor Keramik 22 pF
  9. 1 bh Kapasitor Keramik 100 nF
  10. 2 bh Dioda Zener 3V6
  11. 2 bh Resistor 68 Ohm
  12. 2 bh Resistor 1 KOhm
  13. 1 bh Resistor 2K2 Ohm (2200)
  14. 1 bh Resistor 10 KOhm
  15. 1 bh Pin Molek Putih 6 Conector (pin) 
  16. 4 bh Pin Molek Hitam
  17.  Papan PCB Secukupnya
  18. Solder Untuk Memasang Komponen di papan PCB
  19. Timah Solder Secukupnya
Untuk scematic rangkaiannya bisa dipakai yang dibawah ini.atau langsung kunjungi website ini .

dan Tata Letak Komponen bisa di lihat/dipakai yang ini..

* catt : garis merah dihubungkan menggunakan jumper

dan layout yang saya pakai adalah yang ini.

Atau Bisa dipakai Yang Ini


*catt: jika agan2 ingin memiliki downloader ini,dan ingin memakai layout saya,
silahkan cantumkan alamat e-mail di bagian komentar,layout akan kami kirimkan melalui e-mail,layout kami rangkai dengan aplikasi eagle.

USBasp saya Yang sudah dipasang di papan PCB



Selamat Mencoba..

117 komentar:

gan bisa dikirimkan layout pcbnya ke email wayan_supan@yahoo.com

Tarimokasih, postingannyo menambah wawasan. Tolong kirimkan layoutnyo da, ka jagamyp@gmail.com

minta gan kirim ke ardabil131@gmail.com

gan sorry ane minta layoutnya, ini email saya : syamsudin1malik@gmail.com

makasih gan

bisa minta layout + boootloader nya kang?

bermanfaat banget gan

minta layout'a donk

firenosy@gmail.com

wah tertarik mau bikinm gan..hehe minta kirimin layoutnya dong gan adicandraswastika@gmail.com..terimakasih

bagus banget gan layout PCb nya....minta kirim file eagle n firmware...ane dh buat tapi masih ga2l....sr.syaifur@gmail.com

gan minta tolong kirimin layout pcb nya sama firmware nya dong di dani3.aris@gmail.com

maff gan, baru sekarang bisa saya kirimin layout sama firmwarenya+driver usbasp..
silahkan cek di inbox gan..
terima kasih

assalamualaikum
mas tolong kirim layoutnya ke ra_saputra21@yahoo.co.id

gan terimakasi Infonya, saya Juga Minta file eaglenya ya jangan PDFnya, cz saya Mau Ngerangkai Ulang Pake Punya agan dikarenakan saya Tidak tau Dmana Tempet Componen yang USB Inputnya tu, terimakasi Atas Bimbingannya

dewananakmataramm@gmail.com
dew

mas boleh dikirim via email rangkaian serta layout pcbnya dgn format eagle di afanarifrahman@gmail.com

terimakasihh... ;)

gan minta rangkaian dan layout pcb nya dong
zulfikarelran@hotmail.com

bisa dikirim ke sini gan setiyoadislf@yahoo.com
thanks sebelumnya

kirim gan.. yeremia.arie.f@gmail.com
itu atmega8 gak di coding gan?

kirim ke ane juga gan khanazuki_imm@yahoo.co.id

kirim ke ane juga gan rachmadady.xiipa04@gmail.com
sukses gan...

kirim gan... bernanda.nopran@gmail.com

kirim gan..
dini4ever13@yahoo.com
makasi gan

gan ane minta juga layoutnya. kirim ke : muklisogam@gmail.com .... makasih

rngkaian ini uda dicoba ta mas,. q buat sama persis kok g bis??? mohon pencerahan

Misi Mas.
Boleh minta layout dan file2nya Mas?
Kirim ke tyo1618@gmail.com
Terimakasih banyak Mas sebelumnya.

Permisi gan.
Boleh minta layout downloadernya?
ini email saya: cha.dhan@yahoo.com
Makasih.

misi mas, tolong kirim layoutnya.
ini email saya : mr.dauruki@gmail.com
trims

gan bisa kirim layout nya ? sekalian cara setingnya arryprabowo92@gmail.com . terimakasih

makasih gan,, minta layout nya gan,, :D
najibxp@gmail.com

oke gan ... mantaps ... layout-nya yah.... ke jumati.rahayu2010@gmail.com
thx

Minta file yang ditarwarkan master
faizwahyudi99@gmail.com
Terimakasih sebelumnya

makasih mas, kirim ke arby2009@gmail.com

ini yg aku cari.. thnks juragan.. mhn dikirimin file nya ke daswindra@cyberservices.com..sukses.. ditunggu trus karyanya.. salam

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

gan minta tolong bisa dikirimkan layout pcbnya gax ke email saya, nasipasil@gmail.com
trima kasihhh,,,

Mantaf Gan,,,
mohon bantuan untuk email ke saya panjiprasetyo.subekti@gamil.com dong FIRMWARE USBasp untuk ATMega8A-PU seperti yang agan sudah buat di atas..
thanks.

maaf bang,,
minta di kirim dong ke email hebatt08@gmail.com
trimakasih abng..

Gan mohon bantuanya, bisa dikirimkan gax rangkaiannya ke alamat email saya ,, yudhaipsoner@gmail.com ,, trima kasih,,,

saya baru belajar mohon bantuanya, kalo menggunakan atmega8-16pu bisa gak? mas boleh dikirim via email aryaseboy@gmail.com rangkaian target dan downlodernya untuk atmega 8-16pu serta layout pcbnya. saya sudah mempunyai 2 buah atmega8-16pu
maksih moga sukses

Mas,, Boleh kirimn gak tuh Rangkayannya, yg di bilang masnya,, ke Ramadonim@gmail.com
Kebaikann mas nya ditunggu.. trmksih..

mas boleh kirimin tutorial pembuatan usb dari skematik sampai upload driver....thx

Mas boleh kirimin ke email bisbash72@yahoo.com ,skema & fireware sampai upload driver....thx

mohon kirim ke fatwa45@yahoo.co.id

maff baru ngirim sekarang gan.. ,kearen udah lama gk cek isi blog,..silahkan cek di inbox masig2 gan ... klw ingin cepan di balas chat di facebook aj gan..
https://www.facebook.com/habibullah.hacker
terima kasih sidah berkunjung gan.. (y)

mas tlg layout sm firmwareny dong makasih sblmny. yahyamyz10@gmail.com

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

tolong kirim ke
yatmaadi9@gmail.com

Saya boleh minta file skematik sama boardnya gan ?
Kirim ke email saya najmuddin.yahya@gmail.com
Makasi gan

mas minta layout'a??
modifer23@gmail.com
terimakasih

gan bisa minta layout pcb.a ?
kirimkan ke nuzul.nuzul20@gmail.com/
sebelum.a terimakasih gan

kang saya juga minta skema-skema elektronika arduino awayjackson05@gmail.com

mas boleh kirimkan layoutnya ke email saya adjiesuseno@gmail.com
trimakasih sebelumnya mas :D

Mas,, kirimin juga ya ke NR.Allias.Nate@gmail.com
Info Bagus nih, kebetulan lagi minat sama mikrokontroler.

boleh gan, , :). .
indraraksiana@gmail.com

terimakasih. .

klo sudah jadi,, bisa langsung jadi downloader atau ATmega8 nya harus di program dlu ?

Minta firmware nya dong mas.. terima kasih. kirim ke ikhsan.ichun@gmail.com :D

gan kalau boleh saya minta layoutnya ,.,.
terima kasih banyak sebelumnya,.,.

maman_cuztomize@yahoo.com

ijin copy layout nya gan... sayhrizal877@gmail.com

Mantafffff. boleh minta file Eagle nya mas? tolong kirim ke rudzwijaya90@gmail.com ya mas.

terima kasih mas

bermanfaat sekali gan.

tolong kirim layout ke ahmadumar.au20@gmail.com

terima kasih gan

gan tolon kirim ke sanfuad92@gmail.com

ijin copas ke maclover81@yahoo.com
tks

boleh donk dikirim surabejek@gmail.com

minta layoutnya mas...terimakasih sebelumnya,,,Email saya iendroo86@gmail.com

gan minta tlg layout,skematic dan tutorialnya untuk di email ke roy_saputra32@yahoo.com, trims gan

USBASPnya support utk BASCOM AVR gak gan?

Gan mau dong layout pcbnya....bisa kirim ke ath_1978_djo@yahoo.co.id

gan boleh minta layout, firmware n' file" yang bersangkutan ke samyehezkiel@rocketmail.com, thank's gan

Gan mau dong layout pcbnya....bisa kirim ke dwikyw@gmail.com

gan minta tolong kirimin layout pcb nya sama firmware nya dong di sya_whar@yahoo.com

kirimkan layout nya dong ke rico8878@gmail.com

tolong kirimkan layoutnya ke rokhadinnopianto@yahoo.co.id

boleh ijin nyedot Layoutnya :

mbaran_nofa@yahoo.co.id

terimakasih

gan izin minta layoutnya ya

arief.neon91@gmail.com

gan minta firmware dan layoutnya dong....kirim ke usepload@gmail.com

minta layountnya gan
zulkifli.rinto@yahoo.com

gan ane boleh minta layout pcb nya :D
guruhalamsyah22@gmail.com

minta layoutnya juga.. buchorius@yahoo.com
terima kasih.

mantap...cuman kalo pengen pakai usb downloader yg 10pin layout pcbnya gimana gan ? tolong pencerahanya gan
jika ada mohon kirim layoutnya ke email saya

:khoiron.hsdpa.kh@gmail.com

joos banget min, cuman kalo yang pake 10 pin gimana settingannya di layout, kalo bisa dibuatkan ,, aku ucapkan terimakasih sebanyak banyaknya min, semoga Tuhan yang membalas kebaikannya

aim.hakim1@gmail.com

oh iya min,, ini atmega 8nya pake fuse bit berapa?

assalamualaikum mas
sayaboleh minta layoutmya
ini email saya
septian.skp122@gmail.com

ke taufiksanjaya@yahoo.com ya gan, trims

Kirim ke topan.ruspidu@gmail.com
Makasih :D

minta datanya gan....
mufidz.xtav2.05@gmail.com

Gan minta layoutnya pleasss
Miftakhudin0@gmail.com

gan maaf gan baru mintak sekarang, gan tolong kirimin layout sama tata letak komponen nya gan
saktiawan149@gmail.com

gan maaf gan baru mintak sekarang, gan tolong kirimin layout sama tata letak komponen nya gan
saktiawan149@gmail.com

Gann..bisa minta tolong kirimin layout ,tata letak komponen dan file schematic nya gak skrggg..kalau bisa tolong kirimin ke email saya fadhliale@gmail.com..thanks

gan bisa minta layoutnya kuloardi29@gmail.com

gan kirimin saya ya layout driver and sofware yang cocok calvinkaban@gmail.com

Saya juga minta mas kirim ke ariyanto.boys@gmail.com

gan minta layoutnya...
shalimassembagoes2@gmail.com

sopansofyanabuukasyah@yahoo.co.id

Tolong dikirimkan layoutnya. Jazakumullahkhoir wa barokallahufik

tonialmeidi@gmail.com
minta layoutnya gan, terimakasih.

saya juga mintak dong mas..
email saya:

a.sarif88@gmail.com

terimakasih...

GAN KEREN BLOGNYA, TOLONG KIRIM KE EMAIL SAYA GAN. andy_zull95@yahoo.com

gan boleh minta layoutnya? tolong kirim di email saya deddy_septian21@yahoo.com

gan mohon bantuannya berryabhank@gmail.com

minta gan levikapten@gmail.com

gan keren tuh layout pcb nya rapih banget. boleh minta layout nya ngga gan?? kirim ke opay.mudhoffar@gmail.com ya gan makasih sukses teruus

boleh minta gan layoutnya adhedwi03@gmail.com maksih gan sukses slalu..!!!

mas tolong ijin copy layout nya ke syahrizal877@gmail.com

mas minta layoutnya naufalmuhammad1899@gmail.com

bisa minta layoutnya kirim ke wahyupr430@gmail.com

Bisa minta layoutnya mas ke alathifghafur@gmail.om nuhun :)

Boleh minta layout mas kirim ke email saya.
ke ariyanto.kayutanam13@gmail.com

kirim gan ke rohmanajja8@gmail.com

pak bos minta layout boleh.... andry.kawi@gmail.com

Kirimin gan ke email:
oxllynx3103@gmail.com
thanks

kirimin juga gan ke email gua :
ilhamesario@gmail.com
thanks

pak habib bleh minta rangkaiannya
indra_mechatronics@yahoo.com

mas bisa minta layoutnya yoghiexrastyo@gmail.com

minta layout nya gan..
triagus291@gmail.com

gan kirim ke adyenacihlosynd@gmail.com
makasih banyak sebelumnya. semoga ilmu yang agan berikan dibalas surga

Gan kirim ke
Kucinghitam7339@Gmail.com
Terimakasih gan

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites