Rabu, 20 Februari 2013

Mempercantik Tampilan SARDU dan Mini XP

Assalamu'alaikum.....
Semoga kita semua masih dalam lindungan Allah SWT.
hmmm.....
langsung aj ya,tanpa muqaddimah,,,,hehehe
Bosan kan melihat tampilan awal SARDU yang seperti ini terus...!!

Ingin tampilan yg seperti ini....???

hehehe....
OK kali ini saya akan share cara mod SARDU dan cara mengganti walpaper mini XP.

1. Mengganti Background Menu SARDU.

 Bacground standard SARDU berada dalam Drive Letter:\SARDU\SARDU
*catt: dalam file SARDU tidak memiliki extensi,dan berupa FILE,tapi sebenarnya ini hanyalah trik sederhana pembuat sardu agar pemakai awam tidak dapat memodifikasi aplikasi sardu tersebut.kalau tidak percaya,silahkan klik kanan file sardu dan ambil open aplikasi untuk membukanya


gunakan aplikasi standar windows untuk membuka-dan OK,,lihat hasilnya... :)


berupa background gambar  boot menu SARDU..
langkah selanjutnya pilih gambar yang ingin dijadikan background SARDU,copy image tersebut dan paste dalam folder sardu.selanjutnya hapus/backup file background asli /bawaan sardu.Ubah resolusi image baru menjadi 640 x 460,bisa menggunakan aplikasi paint,photoshop,terserah agan semua make apa,selanjutnya sipan gambar tadi dengan nama SARDU (huruf kapital) tanpa extensi.bisa juga dengan langsung Rename dan menghapus extensi file.


Rename/tekan F2 untuk mengganti nama file Image yang akan kia jadikan background.


 Akan Muncul Dialog pemberitahuan untuk melanjutkan atau tidak.klik YES


 Kita Akan Mendapatkan file Image tanpa extensi (*.JPG,JPEG,BMP,PNG,dll)


Nah untuk lagkah pertama sudah selesai, dan kita akan mendapatkan tampilan background SARDU yang lebih segar.. :)
tapi tulisah-tulisan masih standar bawaan,jadi masih setengah jalan... hehe

2. Mengganti Tulisan di Menu SARDU

file-file yang wajib kita edit untuk mengganti total tulisan menu SARDU adalah :
-syslinux.cfg ( Drive Letter:\syslinux.cfg )
-antivirus.cfg ( Drive Letter:\SARDU\antivirus.cfg )
-linux.cfg ( Drive Letter:\SARDU\linux.cfg )
-pe.cfg ( Drive Letter:\SARDU\pe.cfg )
-tools.cfg ( Drive Letter:\SARDU\tools.cfg )
-utility.cfg ( Drive Letter:\SARDU\utility.cfg )
-help.msg ( Drive Letter:\SARDU\help.msg )
*catt : aplikasi pembuka *.cfg silahkan menggunakan aplikasi standar windows Wordpad .
>syslinux.cfg

untuk mengubah tampilan menu awal SARDU
 script standarnya/bawaan sardu adalah


Dengan Tampilan



Silahkan Edit file *.cfg,jika malas mengedit silahkan COPAS text merah berikut

syslinux.cfg

#File created automatically by SARDU Multiboot Builder ( http://www.sarducd.it )
#
default vesamenu.c32
prompt 0
menu title     Selamat Datang di Program Installer Habibullah 
#
menu background /SARDU/SARDU
MENU TABMSG  Silahkan Hubungi di 085375111132,atau tekan F1 untuk Informasi
menu color hotsel 30;47      #40000000 #20ffffff
menu color sel 30;47      #40000000 #20ffffff
menu color scrollbar 30;47      #40000000 #20ffffff
menu color help 37;40      #c0ffffff #00000000 std
MENU WIDTH 76
MENU MARGIN 10
#
MENU ROWS 15
MENU TABMSGROW -10
MENU CMDLINEROW 23
MENU ENDROW -1
#
MENU TIMEOUTROW -8
#
#MENU HELPMSGROW 21
#MENU HELPMSGENDROW -1
MENU HIDDENROW -2
MENU HSHIFT 4
MENU VSHIFT 4
#boot da disco fisso 
label 0
menu label  Masuk Menggunakan ^HD (OS yang terpasang di hardisk )
    localboot hdd0
#
#
label Menu tools
Menu label Bagian Peralatan ( ^Tool's )
MENU INDENT 1
    kernel vesamenu.c32
    APPEND /SARDU/tools.cfg
#
label Menu Utility:
Menu label Bagian Utama ( ^Utility ) 
MENU INDENT 1
    kernel vesamenu.c32
    APPEND /SARDU/utility.cfg
#
label Menu Windows live
Menu label Bagian Windows Langsung Jalan ( ^LiveOS )
MENU INDENT 1
    kernel vesamenu.c32
    APPEND /SARDU/pe.cfg
#
#reboot
label Reboot
menu label ^Restart Program Ini
    kernel Reboot.c32
#
F1 SARDU/help.msg

Dengan Hasil 



 pe.cfg


#File created automatically by SARDU Multiboot Builder ( http://www.sarducd.it )
#
default vesamenu.c32
prompt 0
menu title     Selamat Datang di Program LiveOS Habibullah 
MENU SEPARATOR
menu background /SARDU/SARDU
MENU TABMSG  Habibullah
menu color hotsel 30;47      #40000000 #20ffffff
menu color sel 30;47      #40000000 #20ffffff
menu color scrollbar 30;47      #40000000 #20ffffff
menu color help 37;40      #c0ffffff #00000000 std
MENU WIDTH 76
MENU MARGIN 10
#
MENU ROWS 15
MENU TABMSGROW -10
MENU CMDLINEROW 23
MENU ENDROW -1
MENU TIMEOUTROW -8
MENU HSHIFT 4
MENU VSHIFT 4
LABEL -
MENU LABEL Windows:
MENU DISABLE
#boot torna indietro
label <==Back
kernel vesamenu.c32
    APPEND /syslinux.cfg
#boot di Windows XP Install
label Boot from Windows XP Install
menu label Mulai Windows ^XP Professional SP2 Install
MENU INDENT 1
    kernel /WINSETUP/grub.exe
APPEND --config-file="/WINSETUP/winsetupXPpSP2.lst
#
#boot di Hiren's
label Boot from Mini Windows XP Hiren's Boot CD
menu label Mulai Mini Windows XP ^Hiren's Boot CD
MENU INDENT 1
    kernel /boot/grub.exe
APPEND --config-file="find --set-root /HBCD/XP/XP.BIN; chainloader /HBCD/XP/XP.BIN
#
#boot torna indietro
label <==Back
kernel vesamenu.c32
    APPEND /syslinux.cfg
#
#


Dengan Hasil


 Hal yang sama juga berlaku dengan file*.cfg yang lain.tinggal mengedit tulisan dasar file*.cfg
Sampai Proses ini kita sudah selesai melakukan modifikasi SARDU.
tapi Walpaper Mini windows XP dalam Hiren's bootCD masih standar.

Jika kita mengganti lewat properties dekstop seperti windows XP Standar tidak akan berhasil pada mini XP.
Langkahnya.
- Siapkan file image yang akan di jadikan walpaper mini XP,dengan catatan jenis file image harus *.BMP
- Copy image *.BMP ke dalam folder G:\HBCD\XP
- Ubah nama file image menjadi Wallpaper.bmp
- OK

Tampilan Dekstop Mini XP saya setelah dilakukan Modifikasi...
hehehe
Sekian dulu tutorial kali ini..
Selamat mencoba,silahkan berkreasi sendiri... :)

16 komentar:

*Ini bukan bermaksud untuk membajak aplikasi Bawaan SARDU ,karna ini bukan untuk tujuan diperjual-belikan,hanya sharing informasi..... :)
peace

kurang jelas, saya menggunakan program sardu version 2.0.6.5 baground sardu tidak bisa di ganti dan saya tidak menemukan file yang bisa di buka dengan progwam pembuka gambar bawaan windows. Tolong di perjelas lagi tutorialnya, terimakasih

CARA MERUBAH FILE IMAGENYA GMN.. DIRENAME GAK BERUBAH MENJADI EXTENSI FILEYA

jadi gini...
kalau agan gk bisa nemuin file gambar,yg bisa dibuka dengan aplikasi bawaan windows ,memang benar,..sesuai jalan yg diatas..silahkan masuk kedalah folder "SARDU" ,dan agan akan melihat file tanpa extensi dengan nama "SARDU" .jadi tinggal di renama (f2) dan di ganti menjadi "SARDU.jpg".
nah file tersebt sudah bisa dibuka dengan windows photo viewer ...

jika dengan merename file tidak bisa mengganti extensinya secara langsung,dapat diakali dengan cara:
- jadikan file tersebut kedalam bentuk rar (add to winrar),dengan artian aplikasi winrar terinstal di komputer agan.
-buka file rar tersebut..
-dan rename file tersebut didalam winrar..
-jika sudah selesai,tinggal di extract kembali,dan extensi sudah berubah..

semoga membantu

saya sudah melakukan apa yang anda telah ajarkan tetapi file tidak bisa direname. coba anda uji coba lagi dengan sardu version 2.0.6.5 nanti baru diposting kembali. mohon bantuannya, terimakasih

saya sudah berhasil mengganti menunya, tapi bagaimana dengan warnanya.. apa ada cara untuk mengganti warna fontnya, apakah kode diatas yang dipakai adala kode warna html..?

makasi gan atas sering sangat bermanfaat......

gan mohon bantuan....napa copy windows modifikasi (DARK EDITION) pake sardu kok gak mau? kalo bisa pls, help ya, bisa dijadiin tambahan postingan agan atau...kalo gak repot kirim via mohammadyusufalwi@yahoo.com...trims sebelumnya gan

BOLEH NAMBAH DIKIT GAK GAN...?
soalnya ane berhasil gan...
yang diganti itu adalah
file SARDU
syslinux.cfg yang di FLASHDISK yang kita buat gan ....
bukan tempat aplikasi SARDU-nya

Terimakasih gan, sangat bemanfat..

Kalau ini udah lama ane th gan, skrng yg ane mau tanyakan gimana mengedit file menu.c32/vesamenu.c32, ane browsing digoogle katanya pakai PXE sudah ane download terus ane kagak th cara pakai nya, tolong dikasih tutornya gan. ~x( =))

gan, kalo cara ngilangin sardunya gimana?

BEKERJA DENGAN BAIK GAN TRIK NYA BANG !!

TAPI KENAPA YAH PAS ANE GUNAIN SCRIFT DARI AGAN INSTALLER WIN7 GUE NGILANG, MOHON PENCERAHAN NYA BANG

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites